Namun tidak sedikit pula yang tidak mengetahui trik-trik membuat daftar isi secara otomatis.
Kenapa harus otomatis sih? Kenapa tidak secara manual sajah? Hohoho mungkin sebagian dari kalian bertanya-tanya seperti ituh ataupun tidak bertanya sama sekali karena keseriusannya membaca artikel ini :D
Sebelum kita ke topik utamanya saya ingin menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas dan perhatikan perbedaan daftar isi otomatis dengan manual.
Kenapa harus otomatis? Kenapa tidak manual sajah?
Sebenarnya sih sah-sah sajah apabila kalian ingin membuat daftar isi secara manual. Tapi apakah kalian tidak ingin menyelesaikan tugas kalian secepat mungkin. Karena membuat daftar isi secara manual ituh ribet loh dan harus dibutuhkan ketelitian belum lagi kalau ada tambahan data yang harus dimasukan ke buku/makalah tersebut. Nah loh masih mau membuat daftar isi secara manual?
Mending lupain aja deh cara lama dan beralih ke cara yang baru yok agar mudah dan praktis.
Baca juga : Cara membuat penomoran halaman yang berbeda secara otomatis
Bahan bahan yang harus disiapkan dalam membuatnya yaitu :
1. Data yang ingin kalian buat daftar isi tersebut
2. Microsoft Word. Kenapa harus word? karena ini adalah salah satu aplikasi ngetik terbaik saat ini.
Untuk cara pembuatannya silahkan disimak baik baik tutorial ini
1. Munculkan Navigasi Pane
Keterangan :
Untuk memunculkannya
1. Kita ke menu "View"
2. Klik tanda kotak
hingga menjadi tanda centang seperti yang sudah saya beri tanda pada gambar diatas.
3. Ini adalah Navigation Pane yang akan kita gunakan.
2. Seleksi kata
Keterangan :
1. Kata yang ingin diseleksi
Pilih kata yang ingin dijadikan judul ataupun subjudul pada daftar isi nanti dengan cara di block (klik mouse pada bagian kiri lalu tahan dan arahkan ke kata tersebut)
2. Gunakan Heading untuk membuat navigasi
Heading ini berfungsi untuk menjadi navigasi dalam daftar isi tersebut
Heading 1 = Judul
Heading 2 = Subjudul (Point judul)
Heading 3 = Minorjudul (Point Subjudul)
3. Hasil dari Pemakaian Heading
Saya anggap apabila sudah sampai disinih kalian sudah bisa menggunakan cara diatas.
3. Buatlah Table of Contents
Keterangan :
Untuk menggunakan Table of Contents kita siapkan dahulu halaman kosong di ms word atau lebih tepatnya setelah kata pengantar.
Setelah ituh.
1. Klik menu References
2. Klik Table of Contents dan pilihlah salah satu yang ada disituh. saya sarankan untuk memilih Automatic 1 Karena lebih mudah.
3. Ini adalah hasilnya.
Apabila kalian tidak terlalu puas dengan hasil default Automatic 1 bisa kalian edit sendiri.
4. Update Daftar Isi
Keterangan :
Untuk mengupdate daftar isi kalian apabila ada data tambahan pada makalah kalian silahkan
1. Update table
Lokasi update table ini terletak tepat di atas daftar isi yang kalian buat barusan
2. Memilih untuk menggunakan cara mengupdatenya
Saya sarankan untuk memilih yang paling atas.
Karena ituh akan terupdate sesuai dengan page number (halaman buku/makalah) kalian.
3. Setelah ituh klik OK
Setelah sampai disinih kalian sudah bisa membuat daftar isi kalian secara otomatis.
Memang untuk membuatnya agak sedikit ribet karena harus melewati tahap-tahap seperti diatas.
Tapi ituh sudah terbayar lunas dengan waktu pembuatan buku/makalah kalian yang lebih cepat.
Apabila kalian tidak mengerti dengan cara ulasan saya diatas. kalian bisa melihat video dibawah ini
Ok itulah tadi Cara membuat Daftar Isi secara otomatis mudah bukan?
Yapz memang semuanya akan terasa sulit untuk pertamanya dan akan mudah apabila kalian sudah menguasai trik tersebut.
Baca juga : Cara membuat penomoran halaman yang berbeda secara otomatis
Selamat mencoba :)
Bantu like dan share yah :)
Tolong beri saran dan kritik kepada saya agar saya bisa lebih baik lagi dalam membuat artikelnya :)
Bagikan
Cara membuat Daftar Isi secara otomatis menggunakan Navigasi di Ms.Word
4/
5
Oleh
Bil Jabbar Adnan
Jangan lupa tinggalkan komentar yah :)