Sabtu, 16 April 2016

Mari mengenal blog lebih dekat

Ini adalah tugas makalah saya yang berjudul "Mari mengenal blog lebih dekat".
Kenapa saya memilih ini sih? karena dengan adanya makalah ini baik saya maupun para pembaca bisa mengenal blog lebih dekat.
Dan saya ingin membagikan tugas makalah ini kepada kalian semua. karena memang itulah tugas dari biljabbaradnan's blog :D
Ok langsung ke topik utamanya sajah yah kawan.



Pengertian Blog

Istilah blog sebenarnya berasal dari kata Weblog, istilah ini digunakan oleh Jorn Borger. Karena menurutnya istilah Weblog untuk menyebutkan para blogger (penulis blog) yang sering mengupdatekan blognya secara continue (berkala/berlanjut). 
Blog sendiri mempunyai isi yang beragam mulai dari karya tulis, kumpulan link internet, tutorial. Kepribadian bloggerpun menjadi lebih mudah dikenali berdasarkan topik apa yang dituliskannya dalam  blog mereka.


Sejarah Blog

Awal berdirinya blog sendiri pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya di ambil alih oleh google pada tahun 2002.
Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Fungsi Blog

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog (SPAM).

Komunitas Blogger

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari [para blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya.Komunitas yang ada di indonesia pun cukup banyak dari yang terbesar hingga yang terkecil.Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat. Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

Jenis-Jenis Blog


  • Blog pribadi : Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik : Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan : Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra : Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog agama : Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan : Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.                

Cara Membuat Blog

Pembuatan blog ituh sendiri tidak cukup sulit. apalagi dengan menggunakan blogger.com hanya beberapa langkah sajah kita sudah bisa memiliki blog sendiri.
Untuk lebih jelasnya tentang cara membuat blog ituh sendiri silahkan di klik link dibawah ini.


Kesimpulan

Dari uraian bab-bab sebelumnya dapat disimpulkan bahwa Blog merupakan kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Blog juga bisa disebut sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri. Untuk pembuatanya pun tidak terlalu sulit, hal itu bisa kita lihat dari uraian bab 2 yang menjelaskan bagaiamana cara membuat dan memodifikasi blog.

Saran

Untuk menciptakan sebuah blog maka kita harus mempunyai sebuah account  atau alamat email. Oleh karena itu sebelum membuat blog disarankan untuk membuat sebuah account email terlebih dahulu. Selain itu kita harus menentukan fungsi dan tujuan dari blog yang akan kita buat sehingga blog yang dibuat benar-benar bermanfaat.



Ok itulah tadi ulasan tentang blog ituh sendiri.
Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Aamiin

Saya Biljabbar adnan sebagai penulis di blog ini
Mengucapkan Selamat Pagi dan selamat beraktifitas

Apabila ada yang tidak mengerti tentang ulasan saya diatas
Tolong berikan komentar dibawah ini yah. Agar saya bisa lebih baik lagi dalam segi penulisaannya

Bantu like dan share kawan

Bagikan

Jangan lewatkan

Mari mengenal blog lebih dekat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Jangan lupa tinggalkan komentar yah :)