Kamis, 09 Juni 2016

Cara mudah membuat watermark (penanda hak cipta) di dokumen Ms.Word

Biljabbaradnan's blog - Kali ini akan membagikan tutorial tentang "Cara mudah membuat watermark (penanda hak cipta) di dokumen Ms.Word"

Setelah beberapa hari sebelumnya saya tidak sempat untuk mengupdatekan artikel ke blog ini. dikarenakan saya ada kegiatan offline lainnya seperti mempersiapkan ujian akhir semester les (b.inggris & komputer), dan membantu guru menyelesaikan tesisnya, walaupun saya hanya sebagai asisten disinih hehe.

Dibalik kesibukan saya tersebut, ternyata saya menemukan beberapa trik dari microsoft word yang saat itu digunakan dan tidak saya ketahui (maklum kudet hehe).
Trik tersebut yaitu sebuah fungsi yang dapat mengamankan hak cipta, dengan cara memasukan beberapa kode, tulisan, gambar ataupun logo agar karya (gambar, video, file) kita tidak mudah dibajak oleh orang-orang iseng sobat.

Sebenarnya apa nama dari fungsi tersebut?

Setelah saya cari-cari referensi di google ternyata namanya adalah Watermark sobat.





Apa itu watermark?

Watermark menurut terjemahan dari google translate adalah Cap Air.
Kalau kita artikan lebih luas lagi mengenai Watermark adalah sebuah tanda yang bersifat transparan (karena air berbentuk transparan) yang memiliki bermacam-macam bentuk sobat bisa berupa tulisan, gambar atau kode-kode lainnya yang hanya sih pemilik saja yang tau.
Watermark biasa dijumpai pada suatu gambar, video, bahkan file documen sekalipun untuk menandakan bahwa itu miliknya.

Baca juga

Setelah kita mengetahui definisi dari watermark.

Mari saatnya membuat watermark sobat

1. Pertama silahkan sobat buka file dokumen word yang ingin dibuat watermarknya.
2. Klik menu bar Page Layout => Page Background => Watermark


3. Pada tahapan ini sobat bisa langsung memakai beberapa watermark yang sudah disiapkan oleh microsoft word atau memilih untuk membuatnya sendiri agar terlihat lebih menarik?
Kalau ingin membuatnya lebih menarik silahkan sobat klik yang sudah saya beri tanda pada gambar dibawah ini.


4. Sobat ceklis Bullet point "Text watermark" untuk membuat watermark menggunakan tulisan.
dan masukan kata-kata sobat sendiri di "Text" atau yang sudah saya beri tanda.

 Namun apabila ingin membuat watermark menggunakan logo kalian
Silahkan sobat ceklis bullet list "Picture watermark" lalu klik "Select picture"
Apabila sudah selesai klik OK

5. Selesai
Inilah sobat hasil dari pembuatan watermark, disinih saya menggunakan logo saya sendiri untuk membuatnya.

Baca juga

Baiklah sobat berakhirlah sudah artikel kali ini tentang "Cara mudah membuat Watermark di Ms.Word"
Apabila masih ada yang kurang jelas dari ulasan saya diatas mohon komentarnya yah sobat agar saya bisa lebih baik lagi.

Terima kasih.

Sekian dari saya
Semoga bisa bermanfaat
dan Selamat mencoba
Wasalamualaikum.wr.wb

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara mudah membuat watermark (penanda hak cipta) di dokumen Ms.Word
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Jangan lupa tinggalkan komentar yah :)